K urikulum Operasional SM K Negeri 1 Lubuklinggau Bidang Keahlian  Bisnis dan Manajemen

Ringkasan:

Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) adalah salah satu Program Keahlian di SMK Negeri 1 Lubuklinggau pada Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen yang fokus mempelajari berbagai aspek terkait manajemen administrasi, tata kelola kantor, serta strategi pelayanan bisnis.

Kurikulum program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis mengadopsi unit-unit kompetensi yang tercantum dalam Skema Sertifikasi KKNI Level II Kompetensi Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Penyusunan kurikulum Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMK Negeri 1 Lubuklinggau melibatkan PT Federal Internasional Finance (FIF GROUP) Cabang Lubuklinggau sehingga kurikulum yang dirancang merupakan hasil dari saran, masukan, dan identifikasi dari berbagai keterampilan yang dibutuhkan industri. Program ini mencakup pemahaman tentang administrasi perkantoran, pengelolaan dokumen, pelayanan pelanggan, serta penggunaan teknologi informasi untuk mendukung operasional bisnis.

Tujuan Program Keahlian

  1. Membekali siswa agar memiliki karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yaitu Beriman Bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Berkebinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif
  2. Mempersiapkan siswa untuk menjadi tenaga administrasi perkantoran dan layanan bisnis yang kompeten dan profesional.
  3. Membekali peserta didik agar memiliki kompetensi dalam bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis sesuai dengan kebutuhan yang ada di Industri.
  4. Menumbuhkan jiwa entrepreneur pada siswa agar mampu membuka usaha sendiri di bidang jasa administrasi dan layanan bisnis.

Profil Lulusan:

Lulusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMK Negeri 1 Lubuklinggau merupakan pribadi yang berakhlak mulia yang menguasai keahlian dalam bidang ilmunya untuk dapat hidup mandiri, yang siap berwirausaha, bekerja, atau melanjutkan studi dengan membawa semangat Profil Pelajar Pancasila.

Kompetensi yang Diajarkan:

 Dasar-dasar Manajemen Perkantoran

  1. Kearsipan
  2. Tata Kelola Perkantoran
  3. Korespondensi Bisnis
  4. Bahasa Inggris Bisnis
  5. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  6. Praktek Administrasi Perkantoran
  7. Praktek Layanan Bisnis
  8. Kewirausahaan

Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

  1. Sekretaris
  2. Staf Administrasi
  3. Customer Service
  4. Office Manager
  5. Receptionist
  6. Personal Assistant
  7. Event Planner
  8. Staf HRD (Sumber Daya Manusia)
  9. Wirausaha
  10. Office Support Specialist